Akhirnyaaa HSG jugaa…

Akhirnya yaah setelah ketunda sebulan karena beneran deh gua takut banget buat HSG (Hystero Salpingo Graphy) trus giliran kemaren gua udah niat banget sudah booking waktu juga di RS Puri Indah untuk hari sabtu sama dokter Rahmi (pengennya cewe) eh tiba2 pas jumat gua confirm tau2 di bilang lah kalau dokter Rahmi berhalangan dan baru bisa lagi hari Selasa, wah ini bener2 bikin mood jeblok banget deh dan jadinya sempet bikin ilfil sama RS Puri Indah ini karena kalau bukan gua yang telp duluan ke Radiologinya mereka pun ga ngabarin gua kalau dr Rahmi nya berhalangan.

Tapi karena di pikir2 lagi lebih cepat juga lebih baik jadi tetep deh malam itu meskipun sama dokter cowo gua jabanin juga.. dapetnya sama dr Andi Darwis konon katanya sih dia dokter senior di Radiologi RS Puri Indah dan telaten banget kerjanya dah gitu gak pake sakit.

So, jam 4 sore sendirian meluncur lha gua ke RS Puri Indah (si suami masi kerja) daftar2 dan akhirnya kepotong jam sholat magrib jadi gua baru dapet giliran hampir jam 7 tapi gpp hati udah teguh banget harus HSG malam ini juga karena kalau gak pasti yang ada gua mundur lagi ke bulan depan,, means promil pending lagi dong..

Masuk ruang eksekusi,, ada ranjang khas rumah sakit gitu dan alat2 Xray canggih di sana, gua langsung di suruh sama suster untuk ganti (sejenis) baju operasi (yang baju hijau terusan gitu dan ada ikatannya di belakang) Baju, celana dan CD kita harus di copot (iya lha yaah kan mau HSG) sisain BH doank yaah ๐Ÿ˜€

Tindakan pertama itu suster suruh kita tiduran telentang aja santai karena mau di Xray dalam kondisi polos / sebelum tindakan apa2.

Then gak lama dokternya masuk dan dia rajin ngajak ngobrol terus mungkin biar ga panik yah.. pas mulai itu kedengeran tuh bunyi besi2an si cocor bebek itu suaranya bikin jadi berasa lagi di operasi beneran deh hehehe tapi karena emang udah niat, plus doktenrya juga sabar dan ajak ngorol terus jadinya ga berasa sakit lhoooo, sepanjang proses dokter masukin kateter itu yang paling berasa di gua itu cuman mules2 aja dan dokter selalu wanti2 sesakit atau senyeri apapun ga boleh sampai angkat pant*t yah harus tarik naafas aja terus..

setelah kateter selesai pasang ini lah saatnya moment of truth,, salah satu momen penetuan langkah apa yang harus di jalanin selanjutnya buat promil ini..

Pelepasan cairan pertama,, mulai gua ngerasa nyeri2 lagi kata dokternya kalau nyeri itu bagus berarti emang cairannya mengalir karena cairan kontras yang di pakai ini sejenis betadine jadi rasa nyeri itu karena ibaratnya ada luka yang kena cairan betadine dan itu sangat wajar dan bagus..

Selama proses pelepasan cairan gua bisa sih nengok dan liat ke tivi hasil Xray nya tapi gua gak gitu ngerti jadi memutuskan relax dan merem aja deh daripada nebak2 sendiri.

 

Pelepasan cairan kedua, nyeri nya mulai nambah tapi masih bear-able siih , bener2 inhale exhale aja ngebantu banget.

nah pelepasan cairan ketiga, mulai gak berasa apa2 lagi.

Selesai deh, dokternya langsung ngomong kedua saluran bagus nih ga ada sumbatan.. waaaaaa rasanya pengen loncat dan peluk dokternyaaa ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

legaaaa banget lho udah tau kalau secara saluran indung telur gua ga ada saluran yang mampet karena dari kemaren2 itu yang bikin gua makin parno all the time itu karena mikir kalau bakal ada yang mampet nanti harus tiup rahim lha, harus laparaskopi lha dll. waaaa tidaaakk!!!

so,, i have done my part minggu depan giliran si bebeb yang jalanin moment of truth nyaa.

Update:

Jadi confirm yah RS Puri Indah untuk HSG itu BISA terima pasien luar yang membawa surat pengantar dari dokter luar tersebut karena kalau telp nya ke bagian resepsionis ย / administration mereka tuh rata-rata akan otomatis bilang gak boleh jadi mending langsung aja telp dan minta sambunginnya ke Radiologi yah nanti baru utarakan apa yang kita mau ke bag Radiologinya langung.

Biayanya per April 2016 Rp 1.300.000,- (termasuk sedikit mahal bahkan di bandingkan sama RS Grand Family PIK atau lab. Pramita) tapi mengingat tenang dan santainya dokter Andi Darwis saat proses rasanya kok harga segitu worth banget deh..

Semangat yah buat para ladies2 di luar sana yang baru mau HSG, mood kita bener2 penjadi penetu banget rata2 gua denger dari temen2 gua kalau mereka tu emang tegang banget selama proses jadinya kesakitan gitu.. so just relax and go with the flow.. banyakin tarik nafas dan merem aja.

 

Happy promil ladiieess…

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s